Senin, 23 Mei 2011

MASJID AL IKHLAS DIBONGKAR PAKSA-JEMAAH DIANIAYA


Sekelompok orang tak dikenal pada Rabu dini hari (4/5/2011) membongkar Masjid Al-Ikhlas di Jalan Timor Medan, Sumatra Utara. Masjid tersebut merupakan tempat ibadah bekas markas Detasemen Perhubungan Komando Daerah Militer I Bukit Barisan.

Ketua II Bidang Data dan Komunikasi Forum Umat Islam (FUI) Sumatera Utara, Affan Lubis, menjelaskan bahwa peristiwa pembongkaran Masjid Al-Ikhlas itu diawali dengan kedatangan sejumlah pria tidak dikenal sekitar pukul 01.00 WIB.

Pria-pria itu menangkapi sejumlah pengurus ormas yang menjaga dan tidur di Masjid Al-Ikhlas, lalu mengangkatnya ke truk polisi yang disiagakan di depan Masjid tersebut.

Pada saat kejadian berlangsung, Affan baru saja sampai di Masjid dari membeli makanan untuk orang-orang yang menjaga masjid. Serta merta Affan juga diangkat ke truk polisi dan dibawa ke Mapolresta Medan.

“Mereka kuat-kuat. Masing-masing kami dipegang dua atau tiga orang, lalu diangkut dengan truk polisi,” ujar Affan.

Menurut Affan, sedikitnya ada 18 orang yang dibawa ke Mapolresta Medan berikut sepeda motor milik sejumlah pengurus ormas Islam yang berada di Masjid itu.

Pihak kepolisian juga menyita seluruh telepon genggam pengurus ormas Islam tersebut sehingga tidak dapat berkomunikasi dengan pihak mana pun, termasuk pers.
Sekitar pukul 04.00 WIB, mereka dilepaskan meski dipersulit untuk mendapatkan kunci sepeda motor masing-masing. Setelah dibebaskan, Affan dan teman-temannya ingin melihat kondisi Masjid Al-Ikhlas. Namun mereka tidak bisa mendekat karena dijaga ketat pihak kepolisian.

Affan menyatakan, pihaknya merasa kecewa dengan upaya pembongkaran itu karena telah menempuh upaya hukum ke Pengadilan Negeri Medan. “Terkesan, upaya hukum yang kami tempuh tidak dihargai,” katanya.

Ketika siang hari, sekitar pukul 9 pagi, Masjid Al-Ikhlas telah dibongkar dan dipasangi pagar dari seng. Di depan Masjid dipasang plang bertuliskan “Tanah Dan Bangunan Ini Bersertifikat No 847 Milik TNI-AD Cq Kodam I Bukit Barisan.”

Sehari sebelumnya, ratusan umat Islam dari berbagai organisasi kemasyarakatan berkumpul di Mesjid Al-Ikhlas di Jalan Timor Medan untuk mencegah upaya pembongkaran tempat ibadah tersebut. Pasalnya, sejak hari Selasa kemarin, ada tiga truk personel Satuan Brimob yang berjaga-jaga di depan Masjid

Sumber :
Antara
Republika
Waspada
Tribun
Ar Rahmah
Nahi Mungkar
Gema Pembebasan
KomHukum
Warta Islam
KoranMuslim
EksposNews
MediaIndonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MASJID AL IKHLAS SEBELUM DIBONGKAR

MASJID AL-IKHLAS DIBONGKAR

AKTIFITAS MASJID AL-IKHLAS SETELAH DIROBOHKAN

AUDIENSI KAPOLRESTA/3 SEPT 2010

PELANTIKAN FUISU-MEDAN

DAUROH FUI-SU

INVESTIGASI ASAHAN JILID2

BANTUAN KE SUMBAR

sitti iklan

IKLAN